Rabu, 25 Maret 2009

Tips Membeli Monitor Bekas

Berikut tips sederhana memilih monitor bekas yang berkualitas agar tidak ketipu dan menyesal di kemudian hari:

1) On-kan monitor, perhatikan respon monitor di layar kira-kira 30 detik Off-kan dan hidupkan lagi, jika terlalu lambat jangan dibeli (kecuali ada alasan khusus :D).

2) Dalam kondisi on putar-putar (untuk yang analog) atau (tekan-tekan) tombol funsional di monitor seperti contras, brighnest dll, pastikan semuanya sejalan dengan kecepatan anda memutar/menekan dan tanpa ada kedipan atau ada sinar berupa garis horisontal dilayar monitor.

3) Dalam kondisi on guncang-guncang monitor tersebut, pastikan di layar monitor tidak ada perubahan apapun pada saat di guncang.

4) Pastikan layar monitor enak dilihat (tidak kabur, tidak silau, tidak pedih dimata) coba kurangi kontras brighnest dan atur senyaman mungkin, jika tidak bisa enak ya jangan dibeli / kecuali ada alasan khusus).

---------------------------------

Tips yang cukup lumayan untuk beli monitor bekas. Tapi ada beberapa catatan yang harus diperhatikan karena tips diatas tips generik dan belum tentu berlaku untuk semua monitor. Karena gw kemaren beli monitor Dell dengan tabung trinitron tips khusus dari gw ketika lo mau beli moitor dengan teknologi trinitron:

1. Pastikan ada dua garis horizontal kecil di atas dan di bawah monitor.
2. Jika monitor di pukul-pukul pastikan ada goyangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar