Rabu, 25 Maret 2009

Blue Screen Saat Burning

Optical drive berupa CDRW sudah merupakan hal yang lumrah kita jumpai pada sebuah PC pada saat ini. Kebutuhan untuk membackup data, music bahkan untuk memudahkan pertukaran data sangat dimudahkan dengan menggunakan CDRW, walaupun tentu ada piranti lain yang bisa digunakan, tetapi CDRW tentu saja masih menjadi pilihan moderat dikarenakan harganya yang tidak terpaut jauh dengan CDROM.

Pada saat penggunaanya terkadang kita jumpai keadaan dimana system mengalami blue screen yang menandakan terjadinya crash program. Hal tersebut berakibat gagalnya proses burning yang tentu membuat anda hanya bisa memandangi keping CD yang gagal buring dan kemudian berakhir di bak sampah. Mengapa hal tersebut terjadi? diantara beberapa faktor penyebab, diantaranya adalah masalah kompabilitas hardware dan setting default pada system. Umumnya CDRW berkecepatan burning tinggi masih ada yang menggunakan mode PIO 4, sebetulnya hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kompabilitas antara CDRW dengan hardware lama. Terkadang driver mainboard yang autorun secara default akan mengaktifkan CDRW dengan mode DMA, hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat kinerja hardware. Akan tetapi hal tersebut jadi bermasalah karena CDRW masih menggunakan mode PIO 4. Umumnya blue screen terjadi saat dilakukan burning dan saat itu anda sedang membuka program lain (multitasking).

SOLUSINYA :

Hilangkan tanda centang (unchekck) pada opsi DMA pada DEVICE MANAGER, sehingga system tidak mengaktifkan mode DMA, dan tetap mengikuti mode PIO 4 yang digunakan CDRW Anda.

CATATAN :

Cermati hal ini jika anda menggunakan Board chipset VIA, dikarenakan driver mainboard dengan 4in1 service pack VIA secara default mengaktifkan mode DMA pada drive anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar